Mencegah Salah Ketik Saat Mengetik


Mencegah “SLAAH KTEIK” Saat Mengetik
   Assalamualaikum Wr. Wb.
Oke sobat kali ini saya mau berbagi pengalaman nih seputar ketik mengetik dalam komputer, kebetulan yang mau saya bagi seputar masalah Ms. Office. Pernah gak sih sobat merasa sebel ketika kita lagi ngerjain tugas kayak skripsi, karya tulis atau yang lain setelah di cetak, eh! Ternyata banyak kata yang salah ketik!. Rasanya tuh seperti pengin pergi ketempat pencucian mata supaya ga salah ketik lagi (lho?).
Eitts!! Tapi tunggu dulu! Ini dia jamunya....
Nah biasanya kan kita sering tyuh ngetik pakenya Softwere MS. WORD, sebenernya sih ya ada cara yang cukup jitu untuk mencegah salah ketik (untuk Bahasa Indonesia yang baku tentunya). Kita cukup unduh suatu peranti pelengkap tambahan untuk Mas Wordnya. Namanya “Language Interface Pack” (wuih! Jajan apa kweh?). untuk tiap versi MS. OFFICE Language Interface Pack-nya beda-beda, kebetulan saya mencontohkan dengan menggunakan Ms. WORD 2010.
Ms. Office 2003 download ke ::
http://download.microsoft.com/download/f/b/a/fbaf89e3-8e85-4faf-adb3-c2644b88ddbf/LIP.EXE
Ms. Office 2007 ::
http://www.microsoft.com/downloads/details.aspx?displaylang=id&FamilyID=91426c33-ea45-482d-af08-cd8ea8cbfd53
Ms. Office 2010 ::
http://www.microsoft.com/downloads/details.aspx?FamilyID=cfec65b7-131c-440f-953f-43731fdabb8b&displaylang=id



Kalau susah menghafal link-nya, tinggal googling aja pakai keyword “Language Interface Pack (2003/2007/2010) Bahasa Indonesia” Besar program ini sekitar 15 Mb, setelah download selesai kita instal dulu (gampang kok, tinggal klik centang è lanjut è Selesai) 
Step 1 (pilih keyboard Indonesia)
Klik ikon “EN”
Jika kamu tidak menemukan keyboard Indonesia di step ini lanjut aja…


Step 2 : (pilih bahasa Indonesia) caranya klik tulisan “English (U.S.)” è OK
untuk sobat yg gagal di step satu solusinya kita blok dulu tulisan yang sudah kita ketik sebelumnya (ingat harus yang berbahasa Indonesia!) kemudian lakukan cara di atas.



Cara kerja “language interface pack”
Jika kata yang kita tulis (ingat! Berlaku untuk kata yang berbahasa Indonesia Baku) ada yang salah maka akan muncul garis bawah berwarna merah, sedangkan jika kata yang kita ketik benar maka tidak muncul garis merah di bawahnya.

pada contoh di samping kalimat “Mjalah Gnersi” bergaris bawah karena kalimatnya salah. Sedangkan kalimat “Majalah Generasi” tidak bergaris bawah karena kalimatnya benar. (kalimat Al-Fath bergaris bawah karena “Al-Fath” bukan Bahasa Indonesia).
Untuk memperbaiki kata yang salah cukup klik kanan è pilih kata yang benar.

Nah itulah caranya, mudah-mudahan dapat membantu sobat Al-Fath semua supaya enggak “SLAAH KTEIK” saat mengetik, Hehe. Tapi inget gaada yang sempurna, tetep aja ada beberapa kata yang masih harus kita teliti lagi. Tapi setidaknya cara ini mudah-mudahan cukup membantu sobat semua. Aamin :)

Find Us On Facebook : INFO KOMPUTER

Post a Comment

0 Comments